Minggu, 09 Mei 2010

Peranan Telkom bagi Nasional

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk


adalah penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.
Sektor telekomunikasi mengalami pertumbuhan sangat pesat. Sebelas tahun lampau, Indonesia hanya memiliki tiga operator saja, tetapi kini telah ada belasan operator selular yang terdaftar.

Ini menunjukkan Indonesia memiliki potensi besar sehingga menarik banyak investor asing maupun lokal yang ingin meraup untung dalam bisnis selular di Indonesia yang masih tergolong “underdeveloped”, dari segi infrastruktur dan market penetrasi, tetapi memiliki harga “air time” yang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Dari beberapa rujukan tergambar setidaknya ada empat atau lima operator terbesar di Indonesia dari segi jumlah konsumen dan jaringan. Namun operator lainnya sedang berlomba-lomba untuk mengejar operator besar ini. Oleh sebab itulah, terjadi suatu lonjakan yang tinggi di dalam pembangunan jaringan infrastruktur selular.

Inilah yang menjadi sorotan banyak pihak. Sebab, pertumbuhan yang tidak terpadu akan berdampak negatif karena akan merusak estetika luar ruang. Pembangunan TELKOM dengan pola “ individu” memberikan peluang ekonomi terbatas ke daerah (hanya pembelian tanah, pajak tanah dan pajak perijinan saja). Sedangkan dalam kerangka Otonomi Daerah, pembangunan menara telekomunikasi terpadu dengan konsep menara bersama diperkirakan mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah yang signifikan.

Itulah sebabnya pertumbuhan yang pesat ini seyogyanya perlu diimbangi dengan regulasi yang sesuai untuk menghindari masalah-masalah yang berhubungan dengan estetika dan pertumbuhan ekonomi daerah. Maka perlu ada regulasi pembangunan dan penataan menara telekomunikasi bersama.

0 komentar:


© 2010 Pentingnya Internet Bagi Pendidikan Nasional Sponsored by: Telkom